SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN
KONSELING
Sekolah :Smp Negeri 6
Terbangi besar
Kelas :VIIIc
Semester/Tahun
pelajaran :Genap/2017/2018
Waktu :1x40 menit
Pertemuan ke :1
dari 2 pertemuan
Topik pembahasan : Tips
bergaul dan bersahabat yang baik
Tugas perkembangan : Mencapai kematangan dalam bergaul
atau bersahabat dengan baik
Bidang bimbingan : pribadi sosial
Jenis layanan :
informasi
Fungsi layanan :pemahaman
Metode : ceramah
,tanya jawab, dan diskusi kelompok
Strategi penyajian :bimbingan klasikal
B.
Kompetensi dasar : Mampu Bersosialisasi dengan baik.
C.
Indikator :
1.
Selalu berhati-hati dalam segala ucapan dan
tindakannya.
2.
Pesertadidik mampu membina hungan baik
dengan teman
3.
Pesertadidik mampu nyebutkan perbedaan
teman dan sahabat
D.
Tujuan layanan :
1.
Agar siswa –
siswi dapat memahami tentang pentingnya persahabatan.
2.
Siswa –Siswi dapat megetahui sikap apa saja yang harus
dilakukan seorang sahabat
E.
Setting uraian kegiatan :
Uraian kegiatan layanan
|
Akolasi
waktu
|
|||||||
Kegiatan guru
|
Kegiatan pesertadidik
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
A
W
A
L
|
Salam
|
Guru mengucapkan
salam
|
Pesertadidik menjawab
salam
|
10 menit
|
||||
Do’a
|
Guru mempersiapkan
persertadidik untuk berdo’a
|
Salah satu
pesertadidik memimpin do’a bersama
|
||||||
Absensi
|
Guru menayakan
kehadiran siswa
|
Pesrtadidik menjawab
pertanyaan dari guru
|
||||||
Menyampaikan tujuan
layanan
|
Guru menyampaikan
tujuan layanan dan kegiatan layanan
|
Pesertadidik
mendengarkan tujuan dan kegiatan yang di sampaikan oleh guru
|
||||||
I
N
T
I
|
Menyampaikan materi
|
Guru menyampaiakan
materi kepada pesertadidik
|
Pesertadidik
mendengarkan dan memperhatikan penjelasan materi yang di sampaikan guru
|
30 Menit
|
||||
Sesi tanya jawab
|
Guru mempersilahkan
pesrtadidik untuk bertanya
|
Pesertadidik merespon
dengan bertanya apabila ada yang kurang di mengerti
|
||||||
Pembentukan kelompok
|
Guru meminta
pesertadidik untuk membentuk kelompok
|
Pesertadidik
melakukan perintah guru
|
||||||
Pemberian tugas
|
Guru memberikan
lembar kerja kelompok kepada pesertadidik
|
Pesertadidik menerima
lembarkerja dan mendiskusikan dengan kelompok nya
|
||||||
Diskusi
|
Guru meminta
perwakilan kelompok untuk membaca hasil diskusi
|
Perwakilan kelompok
maju kedepan kelas dan membacakan hasil diskusi kelompok
|
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A
K
H
I
R
|
Penguatan
|
Guru memberikan
pujian ke pada pesertadidik
|
Pesertadidik menerima
pujian
|
10 menit
|
||
Kesimpulan
|
Guru memberikan
kesimpulan dari lanyan yang telah di berikan
|
Pesertadidik
mendengarkan penjelansan guru
|
||||
Pemberian pr
|
Guru memberikan lembarkerja individu untuk di kerjakan di
rumah
|
Persertadidik
menerima lembar kerja individu
|
||||
Do’a
|
Guru mempersilahkan
kepada ketua kelas untuk memimpin do’a
|
Pesrtadidik berdo’a
untuk mengakhiri pertemuan
|
||||
Salam
|
Guru mengucapkan
salam penutup
|
Pesrtadidik menjawab
salam
|
||||
Jumlah
waktu
|
40 menit
|
|||||
F.
Penyelengara layanan : EVENDI SAPUTRA
G.
Sasaran layanan :pesertadidik kelas VIII
H.
Pihak yang di ikut sertakan : observer dan dokumentator
I.
Tempat penyelenggaraan : ruang kelas VIII b
J.
Alat/perlengkapan :leptop dan lcd
K.
Sumber :
L.
Rencana penilaian/evaluasi :
1. Laiseg :memberikan
pertanyaan sesuai dengan materi
2. Laijapen :pesertadidik
di berikan kesempatan untuk bertanya kepada guru bimbingan dan konseling
terkait dengan materi yang belum di pahami
3. Laijapan :pesertadidik
akan di berikan tindak lanjud
M.
Rencana tindak lanjud :layanan konseling kelompok dan konseling individual
N.
Catatan kasus :jika
pesertadidik tidak selesai dengan layanan
konseling kelompok maka akan di lanjudkan dengan konseling individual
Terbanggi
besar,21 januari 2017
Mengetahui
Kepala
sekolah Guru
model
Sri
astuti.spd Evendi
saputra
Npm
:14130011
No comments:
Post a Comment