PROGRAM TAHUNAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
NO
|
KEGIATAN
|
MATERI
BIDANG PENGEMBANGAN
|
|||
PRIBADI
|
SOSIAL
|
BELAJAR
|
KARIER
|
||
1
|
Layanan Orientasi
|
Ø
Layananan klasikal Tata tertib sekolah
|
|
|
Ø
Mengenal profesi dan prospek karir
|
2
|
Layanan Informasi
|
Ø
Layanan klasika Sikap
sopan
santun dalam kehidupan
Ø
Menyontek, penyebab dan solusinya
Ø
Kecerdasan emosi dan pengendalian diri
|
Ø
Cara bergaul dengan teman di sekolah
Ø
Stop bullying
Ø
Dampak pacaran dikalangan remaja
|
Ø
Konsentrasi belajar
Ø
Bahaya narkoba dan dampaknya
|
Ø
Prospek karir setiap maple
|
3
|
Layanan Penempatan dan Penyaluran
|
Ø
Layanan klasikal Eksplorasi bakat
secara mandiri
|
|
|
Ø
Kemampuan agar dapat
menyalurkan bakat dan minat
|
4
|
Layanan Penguasaan Konten
|
|
|
Ø
Menumbuhkan kesadaran untuk belajar dengan disiplin
Ø
Cara belajar efektif dan efisien
|
|
5
|
Layanan Konseling Perorangan
|
Ø
Menjaga keharmonisan keluarga
|
Ø
Menyelesaikan masalah dalm keluarga
Ø
Memperoleh perhatian orang tua yang cukup
Ø
Melakukan 3 kata penting dalam pergaulan
|
|
Ø
Masalah memiliki kebiasaan menabung
|
6
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
|
|
Ø
Motivasi berprestasi
Ø
Cara belajar efektif dan efisien
|
|
7
|
Layanan Konseling Kelompok
|
Ø
Menyelesaikan masalah dalm keluarga
Ø
Mengendalikan ketergantungan pada handhone
|
Ø
Dapat menghargai setiap perbedaan pendapat
Ø
Memiliki pemahaman tentang kenakalan remaja dan
dapat menjauhinya
|
|
|
8
|
Layanan Konsultasi
|
|
Ø Ingin membantu kawan akrab yang baru saja diputus oleh pacarnya
Ø Memiliki teman yang setiap hari melemahkan semangat belajar
|
|
|
9
|
Layanan Mediasi
|
|
Ø
Meningkatkan hubungan social siswa
|
|
|
10
|
Layanan Advokasi
|
Ø Pendampingan
dan pembibingan bagi siswa yang mengalami permasalahan
|
Ø Pendampingan
dan pembibingan bagi siswa yang mengalami permasalahan
|
Ø Pendampingan
dan pembibingan bagi siswa yang mengalami permasalahan
|
Ø Pendampingan
dan pembibingan bagi siswa yang mengalami permasalahan
|
11
|
Aplikasi Instrumentasi
|
Ø
Menggunakan AKS dan POP untuk mengungkapkan kondisi dan
permasalahan peserta didik
|
Ø
Menggunakan AKS dan POP untuk mengungkapkan kondisi dan
permasalahan peserta didik
|
Ø
Menggunakan AKS dan POP untuk mengungkapkan kondisi dan
permasalahan peserta didik
|
Ø
Menggunakan AKS dan POP untuk mengungkapkan kondisi dan
permasalahan peserta didik
|
12
|
Konferensi Kasus
|
Ø Pembahasan
kasus-kasus tertentu yang dialami peserta didik
|
Ø Pembahasan
kasus-kasus tertentu yang dialami peserta didik
|
Ø Pembahasan
kasus-kasus tertentu yang dialami peserta didik
|
Ø Pembahasan
kasus-kasus tertentu yang dialami peserta didik
|
13
|
Kunjungan rumah
|
Ø Pertemuan
dengan orang tua, keluarga peserta didik yang mengalami masalah
|
Ø Pertemuan
dengan orang tua, keluarga peserta didik yang mengalami masalah
|
Ø Pertemuan
dengan orang tua, keluarga peserta didik yang mengalami masalah
|
Ø Pertemuan
dengan orang tua, keluarga peserta didik yang mengalami masalah
|
14
|
Himpunan Data
|
Ø Mengumpulkan
informasi yang berkaitan dengan permasalahan siswa melalui data siswa baik
dari buku penghubung, kartu konseling/kartu peribadi, catatan anekdot,
observasi, pop dan lain-lain
|
Ø Mengumpulkan
informasi yang berkaitan dengan permasalahan siswa melalui data siswa baik
dari buku penghubung, kartu konseling/kartu peribadi, catatan anekdot, observasi,
pop dan lain-lain
|
Ø Mengumpulkan
informasi yang berkaitan dengan permasalahan siswa melalui data siswa baik
dari buku penghubung, kartu konseling/kartu peribadi, catatan anekdot,
observasi, pop dan lain-lain
|
Ø Mengumpulkan
informasi yang berkaitan dengan permasalahan siswa melalui data siswa baik
dari buku penghubung, kartu konseling/kartu peribadi, catatan anekdot,
observasi, pop dan lain-lain
|
No comments:
Post a Comment