SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
SMP
Negeri 6 Metro
Sekolah :
SMP Negeri 6 Metro
Kelas/Semester : VIII.1/ Genap
Tahun
pembelajaran :
2015/2016
Tugas Perkembangan : Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk
mengikuti dan melanjutkan pelajaran
mengikuti dan melanjutkan pelajaran
Alokasi waktu : 1x 40 menit
Pertemuan
ke : 1 dari 2
Bahasan/topik permasalahan : Menerapkan
cara belajar efektif dan efisien
pada
peserta didik dalam hal pemanfaatan waktu luang
pada proses pembelajaran
peserta didik dalam hal pemanfaatan waktu luang
pada proses pembelajaran
Bidang
bimbingan :
Belajar
Jenis
layanan :
Informasi, Penempatan dan penyaluran
Fungsi
layanan :
Pemahaman dan Pengembangan
Metode
:
Diskusi Kelompok, ceramah dan tanya
jawab
Strategi
penyajian :
Bimbingan Klasikal
A.
Standar Kompetensi : Mengembangkan pemanfaatan waktu luang pada
peserta didik dalam proses pembelajaran
peserta didik dalam proses pembelajaran
B.
Kompetensi Dasar : Memiliki
pemahaman tentang pemanfaatan waktu
luang agar proses pembelajaran dapat berjalan
dengan efektif dan efisien
luang agar proses pembelajaran dapat berjalan
dengan efektif dan efisien
C. Indikator : 1. Diharapkan peserta didik mampu menjelaskan
tentang pengertian pemanfaatan waktu luang
tentang pengertian pemanfaatan waktu luang
2. Diharapkan peserta didik mampu menerapkan
pemanfaatan waktu luang dalam proses
pembelajaran
pemanfaatan waktu luang dalam proses
pembelajaran
D.
Tujuan Layanan : 1. Peserta
didik dapat menjelaskan
tentang
pengertian pemanfaatan waktu luang
pengertian pemanfaatan waktu luang
2. Peserta
didik dapat menerapkan pemanfaatan
waktu luang dalam proses pembelajaran
waktu luang dalam proses pembelajaran
E. Setting/uraian
kegiatan
Uraian Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
A
W
A
L
|
a.
Pembukaan
b.
Do’a
c.
Mengecek absensi dari peserta didik
d.
Menyampaikan tujuan layanan dan relevansi
|
a.
Guru mengucapkan salam kepada peserta didik
b.
Guru mempersilakan peserta didik untuk berdo’a
c.
Guru menanyakan kehadiran peserta didik
d.
Guru menyampaikan tujuan dari layanan
|
a.
Peserta didik menjawab salam dari guru
b.
Peserta didik untuk berdo’a
c.
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang
kehadiran
d.
Peserta didik mendengarkan serta memperhatikan
|
10 menit
|
1
T
E
N
G
A
H
1
|
2
a.
Penyajian Materi
b.
Pembagian kelompok
c.
Pemberian tugas
d.
Pengamatan
e.
Persentasi
f.
Tanggapan
2
|
3
a.
Guru menyampaikan materi yang terkait dengan
materi yang akan diberikan
b.
Guru meminta peserta didik membentuk kelompok
c.
Guru memberikan tugas kelompok sesuai dengan materi
d.
Guru mengamati proses diskusi
e.
Guru meminta perwakilan dari kelompok
untuk mempersentasikan
f.
Guru menyampaikan tanggapan terkait dengan tugas
kelompok
3
|
4
a.
Peserta didik menyimak materi yang diberikan oleh
guru
b.
Peserta didik membagi kelompok sesuai dengan
instruksi yang diberikan oleh guru
c.
Peserta didik mengerjakan tugas kelompok
d.
Peserta didik berdiskusi
e.
Peserta didik mempersentasikan hasil diskusi
didepan kelas
f.
Peserta didik mendengarkan dan mencatat
4
|
5
25 menit
5
|
A
K
H
I
R
|
a.
Penguatan
b.
Tugas PR
c.
Kesimpulan
d.
Do’a
e.
Salam penutup
|
a.
Guru memberikan penguatan kepada peserta didik
atas penyelesaian tugas kelompok
b.
Guru memberikan tugas
PR kepada peserta didik
c.
Guru
menyampaika-n
kesimpulan dari materi yang sudah dibahas dan kesimpulan dalam mengatasi
d.
Guru memerintah
peserta didik untuk berdo’a
e.
Guru mengucapkan
salam penutup
|
a.
Peserta didik
memperhatikan
b.
Peserta didik mencatat
tugas PR yang diberikan oleh guru
c.
Peserta didik
memperhatikan
d.
Peserta didik
berdo’a
e.
Peserta didik
menjawab salam
|
5
menit
|
F. Penyelengaraan Layanan : Anita Wijayanti
G. Sasaran Layanan : Seluruh Peserta didik kelas VIII.1
H. Pihak yang ikut disertakan : Observer dan Dokumentator
I. Tempat Penyelenggara : Ruang kelas VIII.1
J. Alat Perlengkapan : Laptop, LCD
K. Sumber :
http://zydarizqian9.blogspot.co.id/2013/04/
makalahmanfaatwaktuluang.html?m=1 (online) diakses 6 April 2016
makalahmanfaatwaktuluang.html?m=1 (online) diakses 6 April 2016
L.
Rencana penilai/evaluasi
1. Penilai
langsung : a.
Memberikan pertanyaan lisan secara acak
untuk mengetahui seberapa pemahaman
terhadap materi yang disampaikan
terhadap materi yang disampaikan
2. Penilai
jangka pendek : a.
Memantau perkembangan peserta didik
Proses
pembelajaran
3. Penilai
jangka panjang : a. Melihat
perkembangan peserta didik
terhadap penerapan pemanfaatan
waktu luang dalam proses pembelajaran
terhadap penerapan pemanfaatan
waktu luang dalam proses pembelajaran
L.
Rencana
tindak lanjut : Konseling Individu
M.
Catatan Khusus : Jika peserta didik yang belum
terselesaikan
dengan layanan ini maka akan dilakukan
konseling individu dan konseling kelompok
konseling individu dan konseling kelompok
Metro,
17 Januari 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Praktikan
Yuwono
DM, S.Pd Anita Wijayanti
NIP.
195908271980121002 NPM. 14130047
LAMPIRAN MATERI
Cara Belajar Efektif dan Efisien
(Pemanfaatan Waktu Luang)
1.Pengertian Cara Belajar Efektif
dan Efisien
Cara belajar
efektif adalah cara belajar yang sesuai dengan kondisi individu pembelajar,
baik dari segi metode, penggunaan tempat, ataupun penggunaan waktu. Sedangkan
belajar efisien adalah cara belajar yang meminimalkan usaha tetapi mendapatkan
hasil yang maksimal, yang diminimalkan disini juga berupa juga berupa waktu,
tempat sarana dan prasarana belajar, dan lain-lain. Biasanya seseorang belajar
tidak terlalu lama, tetapi sangat menguasai materi tersebut, karena orang
tersebut kemungkinan mempunyai cara efisien dalam belajar, selain metode yang
digunakan dalam belajar.
2. Cara Belajar Efektif dan Efisien
Cara belajar efektik dan efisien
adalah sebagai berikut:
1) Awali
dan akhiri dengan doa
2) Pilih
waktu yang tepat
3) Ciptakan
suasana yang nyaman
4) Lengkapi
bahan dan sumber belajar
5) Upayakan
mengerti bukan menghafal
6) Ubahlah
metode belajar yang sesuai (praktik/ dengar musik/ selingi dengan istirahat)
7) Belajar
secara rutin, walaupun tidak lama
8) Atur
tata ruang belajar
9) Belajar
secara berkelompok
10) Buat ringkasan/merangkum pokok pembelajaran
Salah
satu cara belajar efektif dan efisien adalah dengan memilih waktu yang tepat
seperti pemanfaatan waktu luang.
A. Pengertian
Pemanfaatan Waktu Luang dalam Proses pembelajaran
Waktu luang
adalah waktu yang mempunyai posisi bebas penggunaannya dan waktu tersebut
berada diluar kegiatan rutin sehari-hari sehingga dapat dimanfaatkan secara
positif guna meningkatkan produktivitas hidup yang efektif dan pengisian waktu
luang dapat diisi dengan berbagai macam kegiatan.
B. Cara
Pengelolaaan Waktu Luang
Peseta didik
perlu memperhatikan dan mengelola waktu mereka baik dalam lingkungan sekolah
maupun diluar sekolah, berikut apa yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh
peserta didik dalam mengatur waktu :
a) Membagi
waktu
b) Membuat
jadwal
c) Menjalankan
jadwal
d) Evaluasi
e) Penggunaan
alat bantu.
C. Kegiatan
Waktu Luang
Beberapa kegiatan yang bisa
dilakukan untuk mengisi waktu luang adalah sebagai berikut:
a) Relaxation
Activity (Kegiatan
Relaksasi)
b) Entertainment
Activity (Kegiatan
Hiburan)
c) Personal
Development Activity (Kegiatan
Pengembangan Diri)
D. Cara
Pemanfaatan Waktu Luang dalam Proses Pembelajaran
Dari hasil survey di SMP Negeri 6 Metro pada peserta
didik kelas VIII.1 diperoleh hasil atau dapat disimpulkan bahwa cara
pemanfaatan waktu luang dalam proses pembelajaran ketika jam pelajaran kosong
adalah sebagai berikut:
a) Beristirahat
b) Belajar
dan membaca buku di perpustakaan
c) Berdiskusi
dengan teman
d) Membaca
buku mata pelajaran
e) Mengerjakan
tugas.
No comments:
Post a Comment